Sukses

Pengacara: Jokowi Kabulkan Permohonan Grasi Antasari Azhar

Antasari meninggalkan Lapas Tangerang dengan status bebas bersyarat pada Kamis, 10 November 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengabulkan grasi mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar. Kuasa hukum Antasari Azhar, Boyamin Saiman, membenarkan hal tersebut.

"Pagi ini saya mendapat informasi dari orang Sekretariat Negara bahwa grasi Antasari Azhar telah dikabulkan," kata Boyamin dikutip dari Antara, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Untuk memastikan informasi ini, Boyamin akan mengecek ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan untuk melihat surat persetujuan grasi tersebut.

Kata dia, secara aturan surat grasi presiden dikirimkan melalui Ketua PN Jaksel. "Untuk isi dan detailnya belum dapat dijelaskan, sebelum saya menerima secara resmi (surat grasi) itu," kata Boyamin.

Antasari divonis 18 tahun penjara oleh PN Jakarta Selatan setelah dinyatakan terbukti membunuh Nasrudin Zulkarnaen, Direktur Putra Rajawali Banjaran. Antasari mengajukan banding, kasasi, serta peninjauan kembali, tapi ia tetap dihukum.

Antasari Azhar ditahan sejak Mei 2009. Dia meninggalkan Lapas Tangerang dengan status bebas bersyarat pada Kamis, 10 November 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.