Sukses

Mendes Targetkan Dana Desa 2017 Tersalurkan 100 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo mengatakan, dana desa 2017 dari APBN sebesar Rp 60 triliun. Eko menargetkan akan menyalurkan 100 persen dana itu.

"Target 2017 untuk dana desa (tersalurkan) 100 persen," ucap Eko di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (18/1/2017).

Guna mewujudkan harapan ini, Eko meminta masyarat turut serta mengawasi dana desa itu. Termasuk praja IPDN, sudah bisa mulai mengawal dana desa.

"Saya minta bantuan mereka agar juga bisa mengawal dana desa, supaya pelibatan masyarakat semakin terlibat dalam mengawasi penyelewengan dana desa oleh aparat desa," tutur Eko.

Dia pun menegaskan, masyarakat bisa memanfaatkan Saber Pungli sebagai salah satu upaya pengawasan dana desa. Dengan hal itu, akan semakin memudahkan Kementerian Desa, yang tidak punya wewenang menindak aparat desa yang nakal.

"Sekarang kan ada Saber Pungli. Dalam prosesnya, kita enggak berhak melakukan penyelidikan. Karena itu, dengan program Saber Pungli dana desa, ini sudah melibatkan Polri, Jaksa, dan KPK, supaya jika ada kasus atau laporan masyarakat bisa ditindaklanjuti dan lebih cepat," Eko memungkas.

Dana desa dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada 2015 dana desa berjumlah Rp 21,7 triliun, 2016 naik menjadi Rp 46,9 triliun. Kemudian pada 2017 naik menjadi Rp 60 triliun. Dengan demikian, rata-rata kenaikan sebesar Rp 20 triliun.