Sukses

Bergeser, Tiang Jembatan Cisomang Diberi Perekat Khusus

Ada enam pilar penopang jembatan yang akan diperkuat untuk mencegah pergeseran semakin meluas.

Liputan6.com, Purwakarta - Perbaikan jembatan Cisomang yang mengalami retakan dan pergeseran, di Kilometer 100.800 Tol Cipularang, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta masih dilakukan hingga saat ini.  

Dari pantauan Liputan6.com, Minggu (25/12/2016) para pekerja dari Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum melakukan pengerjaan konstruksi perbaikan dengan menggunakan sejumlah alat berat.

Salah seorang pekerja mengatakan pengerjaan perbaikan ini merupakan perbaikan tahap awal yaitu dengan melakukan penyuntikan terhadap pilar yang retak dengan menggunakan perekat khusus berbahan kimia.

"Ya kami juga melakukan pelapisan menggunakan bahan karbon, untuk memperkuat pilar," ujar salah seorang pekerja yang tak mau disebutkan namanya.

Menurut dia, ada enam pilar penopang jembatan yang akan diperkuat untuk mencegah pergeseran semakin meluas.

Sedangkan proses tahap lanjutan atau perbaikan secara permanen yang akan dimulai pada  3 Januari 2017 mendatang termasuk menurunkan alat berat. Perbaikan jembatan Cisomang sendiri sebelumnya ditargetkan selesai dalan 3 bulan ke depan.

Akibat rekahan dan retakan jembatan Cisomang di Tol Cipularang, ruas jalan di titik itu mengalami penyempitan lajur. Pihak Jasa Marga dan Kepolisian juga mengalihkan kendaraan besar seperti bus dan truk ke jalur arteri via pintu Tol Jatiluhur dan Sadang dari Jakarta mengarah ke Bandung.

Sedangkan di jalur sebaliknya pengalihan melalui Tol Cikamuning dan pintu Tol Padalarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.