Sukses

Di Depan Jokowi dan Megawati, Wiranto Mundur dari Ketum Hanura

Wiranto menyatakan mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum DPP Partai Hanura.

Liputan6.com, Jakarta - Wiranto menyatakan mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum DPP Partai Hanura. Hal itu dia katakan di hadapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, serta petinggi-petinggi partai politik lain yang hadir.

Jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) jadi alasan Wiranto mundur. Menurut dia, dua jabatan tak mungkin dirangkap saat ini.

"Tugas saya (sebagai Menko Polhukam) harus mendampingi Presiden untuk bela kepentingan bangsa dan negara. Itu merupakan panggilan tugas yang tidak mungkin dirangkap," ujar Wiranto dalam sambutan saat pembukaan HUT Partai Hanura ke-10 dan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) sekaligus peresmian Gedung DPP Partai Hanura di Jalan Mabes Hankam Nomor 69, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/12/2016).

Menurut mantan Panglima TNI itu, hidup adalah pilihan. Begitu pun dengan saat ini. Antara Ketum DPP Partai Hanura dan Menko Polhukam yang dia jabat, maka dia harus memilih. Tapi Wiranto mengaku lebih memilih untuk mengabdi untuk bangsa dan negara lewat Menko Polhukam.

"Life is a choice. Pilihan saya mengabdi pada bangsa dan negara. Itu adalah yang utama. Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk berkonsentrasi penuh pada tugas saya sebagai Menko Polhukam pada kesempatan ini izinkan saya mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Hanura," ujar Wiranto.

"Prosedur mengundurkan diri dan pemilihan Ketum Baru melalui Munaslub ini telah diatur dalam AD/ART. Proses Munaslub ini akan berjalan aman, tertib, sukses, dan lancar," kata Wiranto.

Selain Jokowi dan Megawati, hadir pula Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Ketua MPR Zulkfili Hasan, Politikus PDIP sekaligus Menagri Tjahjo Kumolo, Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, Ketua Umum DPP Partai PPP Romahurmuziy, Ketua Partai Hanura yang baru sekaligus Wakil Ketua MPR Osman Sapto Odang, dan Sekjen PDIP Hasto Kristianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto

  • Hanura ialah sebuah partai politik di Indonesia
    Hanura ialah sebuah partai politik di Indonesia

    Hanura

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini