Sukses

Polda Metro Tangguhkan Penahanan Hatta Taliwang

Permohonan itu dilayangkan oleh tim hukumnya yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan aktivis sekaligus mantan anggota DPR Hatta Taliwang. Permohonan itu dilayangkan oleh tim hukumnya yang tergabung dalam Advokat Cinta Tanah Air (ACTA).

Hatta mengucapkan terima kasih terhadap Polri yang telah menerima permohonan penangguhan penahanannya. Dia pun berjanji akan tetap kooperatif menjalani proses penyidikan.

"Tentu terima kasih kepada pimpinan Polri, kapolda hingga ke direktur. Saya akan tetap kooperatif untuk soal ini," ujar Hatta di Mapolda Metro Jaya, Selasa (13/12/2016).

Hatta mengungkapkan, proses penyidikan yang dilakukan cukup profesional dan sesuai prosedur. Dia juga tidak merasa terzalimi dalam penangkapan ini.

"Polisi sudah profesional. Semua berlangsung tertib, tidak ada pelanggaran HAM. Jadi saya harus hargai itu," tutur dia.

Wakil Ketua ACTA Hinsar Tambunan mengatakan, penangguhan penahanan dikabulkan karena terdapat sejumlah faktor.

"Bang Hatta ditangguhkan penahannya di mana salah satu pertimbangan penyidik, kami dan anak beliau menjadi jaminan. Juga ada pertimbangan pemeriksaan sudah selesai, juga ada mengenai syarat-syarat lainnya. Kita harap proses ini selesai," ucap Hinsar.

Selain itu, Hinsar menjamin mantan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu tidak akan melarikan diri. Hatta Taliwang juga tidak akan menghilangkan barang bukti. Juga siap untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Dan yang pasti akan sangat kooperatif. Itu semua yang ada di surat penangguhan," ujar Hinsar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini