Sukses

PAN Nilai Erick Thohir Layak Jadi Wapres Selanjutnya

Erick Thohir disebut berperan dalam sejumlah kebijakan pemerintah yang mengakar hingga ke ranah UMKM dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyatakan, Menteri BUMN Erick Thohir sangat layak menjadi Wakil Presiden (Wapres) Indonesia selanjutnya melalui Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Erick Thohir dinilai mampu menyejahterakan masyarakat Indonesia jika diberikan amanah sebagai orang nomor dua di Indonesia.

"Sederhana membacanya. Kalau ekonomi rakyat tumbuh, pasti dampaknya terasa dan rakyat pastinya tahu bahwa ET (Erick Thohir) ada di belakangnya. Wajar kalau mereka berharap ET naik kelas. Tidak lagi menjadi menteri, tetapi wakil presiden," kata Saleh dalam keterangan tertulis, Rabu (29/3/2023).

Mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2010-2014 tersebut mengatakan, Erick Thohir juga berperan dalam sejumlah kebijakan pemerintah yang mengakar hingga ke ranah UMKM dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Saleh tak heran jika bank-bank pelat merah (Himbara) berkontribusi sebesar Rp260 triliun terhadap KUR nasional di 2022. Jumlah ini sama dengan 92,4 persen dari seluruh KUR yang digelontorkan ke masyarakat. Dengan dana KUR tersebut masyarakat bisa membuka atau mengembangkan UMKM untuk menopang perekonomian.

Tidak hanya KUR, berbagai kelompok masyarakat akar rumput pun telah dibantu oleh Erick Thohir melalui berbagai program untuk menggerakkan ekonomi hingga mencapai kesejahteraan. Seperti halnya program Mekaar yang membantu kaum ibu untuk membuka atau mengembangkan usaha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program untuk Petani hingga Santri

Kemudian juga terdapat program Makmur yang dikhususkan kepada para petani di seluruh Indonesia. Program ini memberikan akses pendanaan dan kepastian akan pupuk kepada para petani.

Tak jauh berbeda dengan program Solusi Nelayan yang digagas oleh Erick Thohir di mana memberikan kepastian solar subsidi. Program ini juga terintegrasi dengan Mekaar untuk membantu kaum ibu dari kelompok nelayan.

Untuk warga Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin pun Erick Thohir tidak luput. Ia menggagas berdirinya 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU) di seluruh Indonesia. Di tambah lagi dengan program santripreneur dan pesantrenpreneur untuk para santri dan ustaz.

Maka dari itu, Saleh menilai Erick Thohir layak untuk menjadi Wapres Indonesia selanjutnya. Dengan naik kelasnya Erick Thohir di pemerintahan tentu akan lebih banyak aspirasi masyarakat yang mampu direalisasikan di pemerintahan.

“Harapan masyarakat masih banyak yang perlu direalisasikan. Tentu semua itu akan lebih mudah dikerjakan jika ditambah amanah baru menjadi wakil presiden RI ke depan," pungkas Saleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.