Sukses

Kantor Perwakilan KPK di Papua dan Papua Barat Masih Wacana

Banyak pengaduan dari daerah dan 80 persen pengaduan tentang pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah.

Liputan6.com, Sorong - Pimpinan KPK, Alexander Marwata, mengatakan, pendirian kantor perwakilan KPK di Provinsi Papua dan Papua Barat baru sebatas wacana.

"Karena mendirikan kantor perwakilan membutuhkan persiapan yang panjang karena tidak hanya kantor atau bangunan tetapi sumber daya harus siap," kata Marwata, di Sorong, Selasa 22 November 2016, seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, tanpa ada kantor perwakilan di daerah pun KPK dapat berkoordinasi dengan penegak hukum, BPK, dan inspektorat guna mengawasi penggunaan anggaran negara di daerah.

Selama ini, kata dia, banyak pengaduan dari daerah dan 80 persen pengaduan tentang pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah. Namun tidak semua pengaduan itu dapat ditelusuri KPK karena keterbatasan tenaga.

Salah satu kiat yang akan ditempuh terkait keterbatasan itu adalah dengan meningkatkan kapasitas aparatur inspektorat. "Kami berharap kepala daerah tidak intervensi inspektorat sehingga pengawasan terhadap pengelola keuangan daerah berjalan baik," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.