Sukses

Jokowi: Marinir Harus Jadi Kekuatan Perekat Kemajemukan

Jokowi meminta kepada kaum mayoritas melindungi minoritas, dan minoritas menghormati mayoritas.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melanjutkan konsolidasi ke prajurit Marinir TNI Angkatan Laut. Dia memberikan pengarahan kepada prajurit di markas Brigif 2-Marinir Cilandak, Jakarta.

Dalam sambutannya, pria yang disapa Jokowi itu memerintahkan prajurit Marinir untuk selalu berada di baris terdepan bila ada kekuatan yang ingin memecah belah bangsa. Marinir harus siap menghadapi pihak yang akan mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

"Sebagai tentara nasional, prajurit Korps Marinir harus menjadi kekuatan perekat kemajemukan dan pantang menyerah dalam menjaga NKRI," kata Jokowi, Jumat (11/11/2016).

Jokowi mengatakan, dengan negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan golongan, rentan dengan perpecahan. Karena itu, setiap warga harus saling menghormati.

"Di negara kita, kita ingin yang mayoritas melindungi yang minoritas. Yang minoritas menghormati mayoritas. Saling menghargai, saling menghormati," jelas Jokowi.

Jokowi menilai, kemajemukan bisa menjadi kekuatan yang maha dahsyat jika kita mampu menjaganya dengan baik dalam bingkai persatuan Indonesia, dalam bingkai NKRI.

"Hanya bangsa yang harus menghadapi takdir sejarah, terpecah belah, tercerai berai, karena tidak mampu mengelola perbedaan dan menjaga kemajemukan. Bangsa Indonesia selalu ingin menikmati indahnya kedamaian, indahnya persaudaraan di tengah keberagaman," tutur Jokowi.

Jokowi kemudian menegaskan, agar semua prajurit TNI, termasuk Korps Marinir selalu memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Selalu setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta menjaga Bhinneka Tunggal Ika. Selalu membela ideologi negara serta Pancasila.

"Tetaplah sebagai benteng negara dan bangsa Indonesia," Jokowi memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Marinir

Video Terkini