Sukses

Jokowi Buka Olimpiade Matematika dan Sains Tingkat SD

Olimpiade ini akan digelar pada 10-12 November 2016.

Liputan6.com, Tangerang - Presiden Jokowi membuka kompetisi internasional Matematika dan Science atau International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) for Primary school, di Kota Tangerang, Rabu malam. Sebanyak 22 negara mengikuti kompetisi untuk tingkat sekolah dasar itu.

Jokowi mengaku bangga Indonesia terpilih menjadi tuan rumah untuk 431 siswa SD terpilih mewakili masing-masing negaranya. Sebab, untuk mempelajari matematika dan sains bukanlah suatu yang mudah.

"Saya berharap, keluar dari perlombaan ini peserta yang mewakili 22 negaranya mampu menjadi duta matematika dan sains. Kemudian mengaplikasikannya bagi kehidupan," tutur Jokowi, di Allium Hotel, Kota Tangerang, Banten, Rabu (9/11/2016).

Dia percaya, bila ajang olimpiade ini mampu mencetak ahli matematika dan sains asal Indonesia. Bila ditekuni dan dibina, maka kelak di masa depan akan lahir ilmuwan baru Indonesia yang akan mengaplikasikan temuannya untuk dunia.

"Sebab sebagaimana kita ketahui, sains itu ilmu yang juga bisa mempelajari asal usul kehidupan. Maka sangat penting mempelajarinya," kata Jokowi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Abduh Surahman menuturkan, olimpiade ini akan digelar pada 10-12 November 2016. Dalam olimpiade ini, Kota Tangerang mengirimkan sebanyak 12 delegasinya.

"Kami sudah melakukan seleksi sejak dua bulan lalu, hasilnya kami kirimkan 6 orang mewakili di cabang matematika dan 6 orang lainnya di cabang sains," ujar Abduh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.