Sukses

Penjualan Kambing Kurban di Kebon Sirih Jakarta Pusat Menurun

Pada H-1 Idul Adha, penjualan kambing tahun lalu tinggal 5 ekor, sekarang masih 18 ekor kambing.

Liputan6.com, Jakarta Penjualan kambing kurban di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, menurun dibandingkan tahun 2015, menjelang Hari Raya Idul Adha 2016.

Hal tersebut disampaikan Refi pemilik Padepokan Winara Sakti yang menyediakan hewan kurban sapi, kerbau, kambing, domba di Jalan Kebon Sirih Barat, Jakarta Pusat.

"Penjualan menurun, biasanya tahun kemarin waktu sekarang ini tinggal 5 ekor, sekarang masih 18 ekor," ucap dia, seperti dilansir Antara, Minggu (11/9/2016) sore.

"Kalau memang besok sudah Lebaran kami tutup, jadi enggak menunggu hari tasyrik. Di sini kalau sudah Lebaran minat berkurang," dia menambahkan.

Telah membuka lapak dan berjualan sejak lima tahun yang lalu, Refi juga tidak mengetahui pasti mengapa penjualan hewan kurbannya tahun ini menurun.

"Kebanyakan saya dengar kondisi ekonomi global," ujar dia mengira-ngira.

Senada dengan Refi, Hakim yang juga berjualan hewan kurban tak jauh dari tempat Refi mengaku penjualan tahun ini "lesu".

"Mulai berjualan tiga hari yang lalu, biasanya sebelum hari H sudah habis, ini masih sisa banyak. Sekarang merosot jauh," kata Hakim.

Padahal, Hakim mengaku telah menawarkan kambing kurbannya dengan harga yang terjangkau. Kambing kurban di lapak Hakim paling murah dijual Rp 2,6 juta-Rp 2,7 juta. Ada pula kambing hewan kurban berukuran lebih besar ditawarkan Rp 3,5 juta-Rp 3,8 juta, serta kambing yang dia sebut "istimewa" dibanderol Rp 5 juta.

"Mau bagaimana lagi, besok sore, laku enggak laku diangkut," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini