Sukses

VIDEO: Jutaan Jemaah Haji Bergerak Menuju Padang Arafah

Liputan6.com, Arafah - Secara harfiah wukuf berarti berdiam diri atau berhenti. Wukuf di Padang Arafah adalah rukun haji yang dilakukan dengan cara berdiam diri di Padang Arafah, mulai tergelincirnya matahari tanggal 9 Dzulhijah hingga terbenamnya matahari tanggal 10 Dzulhijah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (10/9/2016), wukuf di Padang Arafah disebut juga sebagai puncak ibadah haji.

Tuntunan tentang wukuf ada dalam Alquran surat Al Baqoroh ayat 196 - 199.

"Kemudian bertolaklah kamu dari tempat bertolaknya orang-orang banyak (Arafah) dan mohonlah ampun kepada Allah."

Arafah adalah sebuah area berjarak sekitar 20 kilometer di timur Kota Mekah. Pada tahun 2016 ini diperkirakan wukuf di Arafah jatuh pada tanggal 10 September 2016.

Sekitar tiga juta jemaah akan memenuhi Padang Arafah yang terbagi bagi dalam beberapa perkemahan besar. Jemaah haji Indonesia akan berada di kawasan perkemahan Asia Tenggara.

Wukuf di Arafah merupakan ritual yang berat karena cuaca yang panas. Jemaah haji pun harus memperhatikan asupan makanan dan cairan yang cukup.

Namun, jangan berlebihan. Ini karena jumlah toilet umum yang terbatas di tiap kelompok perkemahan dan kadang dipenuhi antrean.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS