Sukses

Bonek Demo Kemenpora, 1.000 Polisi Disiagakan

Sekitar 200-300 Bonek akan datang ke Jakarta untuk menggeruduk PSSI.

Liputan6.com, Jakarta Pendukung fanatik Persebaya 1927 atau biasa disebut Arek Bonek rencananya akan mendatangi Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan.

Demonstrasi tersebut buntut dari sengketa logo dan nama Persebaya Surabaya yang digunakan PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) yang menaungi Bhayangkara Surabaya United. Persebaya 1927 lalu melayangkan gugatan tersebut ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

Di ujung persidangan, majelis hakim menerima gugatan Persebaya 1927 sekaligus memberikan hak menggunakan nama dan logo Persebaya Surabaya. Namun sayangnya, hingga saat ini keberadaan mereka masih belum diakui oleh PSSI pimpinan La Nyalla Mattalitti.

Para suporter yang terkenal militan ini menginginkan pengakuan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terhadap keberadaan Persebaya, atau yang sebelumnya sempat memakai nama Persebaya 1927.

Adapun pengamanan di Gedung Kemenpora tidak ada tambahan. Belum terlihat ada personel polisi, hanya satpam yang berjaga. Baru ada beberapa orang suporter yang tiba berbarengan dengan mobil bak terbuka yang rencananya akan digunakan sebagai mimbar demonstrasi.
 
Tak hanya di Kemenpora, demonstrasi juga bakal digelar di Istana Negara, kantor PSSI, dan Hotel Mercure Ancol, tempat berlangsungnya KLB PSSI 2016.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 1.000 personel untuk mengawal jalannya demonstrasi.

"Tentunya di tempat itu (titik-titik demonstrasi), kita (kepolisian) sudah dan akan melakukan pengamanan. Sekitar 1.000 personel dari Polda Metro Jaya‎ untuk mengawal (rombongan Bonek)," kata Awi, Selasa (2/8/2016).

Awi mengungkapkan jumlah Bonek ke Ibu Kota jelang Konferensi Luar Biasa (KLB)PSSI di Ancol besok, memang terus bertambah. Data terakhir pihak kepolisian, sebanyak 966 pendukung setia klub Persebaya itu berkumpul di Stadion Tugu, Koja, Jakarta Utara.

"Sejak malam minggu kemarin, memang bonek datang ke Jakarta terus-menerus terkait dengan rencana rapat luar biasa yang dilakukan di Hotel Mercure Ancol oleh PSSI, yang dilaksanakan besok," ungkap Awi.

Awi memprediksi jumlah Bonek pada malam nanti akan bertambah sekitar 200 hingga 300-an orang.

Demonstrasi tersebut buntut dari sengketa logo dan nama Persebaya Surabaya yang digunakan PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB) yang menaungi Bhayangkara Surabaya United. Persebaya 1927 lalu melayangkan gugatan tersebut ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

Di ujung persidangan, majelis hakim menerima gugatan Persebaya 1927 sekaligus memberikan hak menggunakan nama dan logo Persebaya Surabaya. Tapi sayangnya, hingga saat ini keberadaan mereka masih belum diakui oleh PSSI pimpinan La Nyalla Mattalitti.

Para suporter yang terkenal nekat dan militan ini menginginkan pengakuan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi terhadap keberadaan Persebaya, atau yang sebelumnya sempat memakai nama Persebaya 1927.

Adapun pengamanan di Gedung Kemenpora tidak ada tambahan. Belum terlihat personel polisi hanya satpam yang berjaga. Baru ada beberapa orang suporter yang tiba berbarengan dengan mobil bak terbuka yang rencananya akan digunakan sebagai mimbar demonstrasi.

Tidak ada peralihan lalu lintas di sekitar lokasi aksi. Beberapa polisi lalu lintas terlihat berjaga di sekitar lokasi unjuk rasa.

Tak hanya di Kemenpora, demonstrasi juga bakal digelar di Istana Negara, kantor PSSI dan Hotel Mercure Ancol, tempat berlangsungnya KLB PSSI 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.