Sukses

Tradisi Salaman di Pintu Gerbang Sambut Siswa di Hari Pertama

Menurut Kepala Sekolah Labschool, Suparno, tradisi ini bukan hanya dilakukan saat masuk tahun ajaran baru.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ajaran baru 2016/2017 resmi dimulai pada hari ini, Senin (18/7/2016). Seluruh sekolah di Indonesia pun beramai-ramai menyambut para siswa didik di hari pertama sekolah ini.

Menyambut tahun ajaran baru ini, salah satu sekolah di bilangan Jakarta Timur, Labschool punya tradisi cukup unik. Dari kepala sekolah, sekolah, guru hingga satpam menyambut siswa baru dengan berbaris di gerbang sekolah dan menyalami seluruh siswa dan orangtua murid.

Para tenaga pengajar dan karyawan sekolah menyambut setiap siswa yang datang, mulai dari masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) hingga SMA dengan senyuman dan sapaan hangat.

Menurut Kepala Sekolah Labschool, Suparno, tradisi ini bukan hanya dilakukan saat masuk tahun ajaran baru. Namun, setiap hari mereka lakukan. Ada alasan khusus kenapa tradisi yang sudah berjalan bertahun-tahun ini mereka terus jalankan.

"Ini untuk memastikan saat orangtua mengantar anaknya sudah ada guru yang siap menyambut dan mendidik, ini memberi rasa nyaman," ujar Suparno kepada Liputan6.com.

Alasan lainnya, dengan adanya kegiatan menyambut dengan salam, pengajar bisa mengetahui kondisi tubuh murid.

"Pas kita salaman kita juga bisa tahu bagaimana kondisi murid. Misalnya, kok anget badannya, itu juga kan menunjukkan kepedulian kita terhadap murid-murid kita," jelas dia.

Suparno menuturkan, pada hari pertama sekolah ini, kegiatan belajar mengajar di Labschool belum dimulai. Kegiatan belajar mengajar baru akan efektif esok hari.

"Baru mulai belajar besok, hari ini kita upacara, halal bihalal, setelah upacara siswa boleh pulang, nanti baru belajar besok harinya," Suparno menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini