Sukses

Pekan Depan, Kemenkes Imunisasi Ulang Bagi Korban Vaksin Palsu

Tim satgas akan menelusuri lokasi dan mendata anak-anak yang diduga mendapat vaksin palsu.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan akan melakukan imunisasi ulang di Ciracas, Jakarta Timur. Pasalnya, dari penelusuran satuan tugas (satgas) penanganan vaksin palsu ditemukan 197 anak penerima vaksin palsu di kawasan itu.

"Kira-kira yang menerima vaksin dari laboratorium jelas menyebutkan palsu, maka dari data tersebut kami rencanakan vaksinasi ulang, kami lakukan secara sistematis," ujar Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Maura Linda Sitanggang di gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Vaksinasi ulang tahap pertama itu rencananya akan dilakukan secara gratis mulai pekan depan di satu klinik di daerah Ciracas. Sementara, imunisasi ulang berikutnya baru dilaksanakan setelah ada hasil penyelidikan dan pendataan lanjutan.

Sebab, berdasarkan hasil uji laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ada 12 produk vaksin yang tidak sesuai prosedur.

"Tim satgas akan menelusuri lokasi dan mendata anak-anak yang diduga mendapat vaksin palsu," kata Linda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.