Sukses

Menhub Jonan: Arus Balik ke Merak Masih Normal

Liputan6.com, Jakarta - Penumpang mengeluhkan lambatnya perjalan kapal dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Pelabuhan Merak, Cilegon yang harus ditempuh 7 jam. Namun Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan masih menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar.

"Kalau arus balik dari Bakauheni ke Merak sampai sekarang, ya menurut saya masih normal saja. Kalau penuh iya, terutama dari Bakauheni," kata Jonan di atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Batu Mandi saat berlayar di perairan Selat Sunda, Minggu (10/07/2016).

Menurut dia, hingga kini belum ada persoalan berarti di Pelabuhan Merak maupun Bakauheni. Hanya saja, kepadatan penumpang memang terjadi di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak.

Jonan juga mengatakan, kepadatan pada arus balik tidak akan sepadat arus mudik.

"Kalau arus balik untuk penyeberangan itu pada umumya lebih tidak padat dibanding arus mudik. Kalau arus mudik kan lebih kepada mengejar satu tanggal yang utama jadi mau dikejar Idul Fitri," tegas Jonan.

Berdasarkan data Pelabuhan Bakauheni Lampung, penumpang yang telah diseberangkan sebanyak 121.078 orang, kendaraan roda dua sebanyak 11.214, kendaraan roda empat berjumlah 12.886, bus sebanyak 451, dan truk 237 buah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS