Sukses

Arus Balik dari Jateng dan Jatim Serbu Rawamangun Nanti Malam

Menurut Bastian terminal Rawamangun tidak terlalu ramai saat arus balik karena penumpang lebih dulu turun di berbagai terminal lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal Bus Rawamangun siang ini masih sepi pemudik yang pulang ke Jakarta. Berbeda dengan H-4 yang bisa mencapai 136 bus yang datang dan pergi dalam sehari.

Pada Jumat 8 Juli 2016, hanya ada 61 bus yang datang dengan 725 penumpang, dan 61 bus yang berangkat dengan 369 penumpang.

Kepala terminal Rawamangun, Bastian, mengatakan lonjakan penumpang arus balik baru akan terjadi nanti malam hingga besok pagi dan akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan.

"Nanti malam hingga besok pagi bakal kelihatan lonjakannya, sebab banyak yang masuk sekolah dan kerja," ujar Bastian pada Liputan6.com di terminal Rawamangun, Sabtu (9/7/2016).

Meski begitu, menurut Bastian terminal Rawamangun tidak terlalu ramai saat arus balik karena penumpang lebih dulu turun di berbagai terminal lain.

"Ini hanya terminal bantuan, ada yang sudah yang turun di Pulogadung, Kampung Rambutan, Bogor dan terminal lain," lanjut Bastian.

Menurut Bastian, untuk arus balik ini didominasi oleh pemudik yang kembali dari daerah Jawa. Untuk wilayah Sumatera diprediksi bakal balik esok pagi.

"Malam nanti, arus balik penumpang banyak yang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," lanjut Bastian.

Terminal ini memiliki 54 PO yang beroperasi, melayani 3 wilayah. Yakni pulau Sumatera, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk pengamanan dan pelayanan penumpang, sebanyak 47 personel disiagakan. 20 orang berasal dari Dishub, 2 orang dari TNI, 4 orang dari Brimob, 3 orang dari Polantas, dan bantuan dari Polres dan Polsek-polsek sekitar sebanyak 18 personil.

Dari pantauan Liputan6.com di lokasi, sejak pukul 07.00 WIB hingga jelang pukul 09.00 WIB tak ada keramaian penumpang. Hanya beberapa penumpang tujuan Sumatera tengah menunggu bus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini