Sukses

Wajib Pakai JakCard, Pengunjung Ragunan Kebingungan

Kini masuk Ragunan tidak dapat menggunakan uang tunai.

Liputan6.com, Jakarta - Ada aturan baru bagi pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Sekarang, pengunjung yang ingin masuk ke dalam Ragunan sudah tidak lagi menggunakan uang tunai.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (7/7/2026) di lokasi, para pengunjung yang masuk harus menggunakan pembayaran elektronik menggunakan kartu JakCard. Warga harus membayar Rp 30 ribu dan mendapatkan dana Rp 20 ribu, yang bisa diisi ulang.

Hasyim (43) salah satu warga DKI asal Cipete, yang sering ke Ragunan, merasa kebingungan.

"Waktu tahun lalu enggak ada beginian. Sempat kebingungan, dan kelihatan mahal. Tapi pas tahu gunanya, lebih irit sih. Lebih praktis," ucap Hasyim.

Sementara itu, Kepala TMR Dina Hinawati mengungkapkan penggunaan JakCard sudah dilakukan sejak dua bulan lalu.

"Sejak launching 2 bulan lalu, kita sudah lakukan sosialisasi, tapi memang pengunjung di sini itu kan tidak dari masyarakat DKI saja. Dan pasti agak kaget, karena baru tahun ini. Makanya, kita tetap informasikan saat ini tidak menggunakan uang tunai," ucap Dina.

Dia pun menuturkan, JakCard bukan hanya digunakan untuk parkir dan tiket masuk ke dalam TMR, tapi juga untuk masuk ke dalam Children Zoo dan Taman Primata. Selain itu, bisa digunakan untuk naik TransJakarta.

"Ini kan juga bisa digunakan untuk bayar busway dan tidak kedaluwarsa," tutup Dina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.