Sukses

Korban Tewas Ledakan di Madinah Jadi 4 Orang

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul dari luar masjid di mana Nabi Muhammad SAW dimakamkan.

Liputan6.com, Madinah - Empat orang, termasuk dua penjaga keamanan, dinyatakan tewas dalam sebuah ledakan di luar Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi, yang juga kota suci kedua umat Islam. Demikian sumber Aljazeera menyebutkan seperti dilansir pada Selasa (5/7/2016).

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul dari luar masjid di mana Nabi Muhammad SAW dimakamkan.

Televisi Arab Saudi menayangkan gambar-gambar kebakaran yang terjadi di lapangan parkir dan tampak setidaknya dua petugas keamanan tergeletak di lokasi kejadian.

Qari Ziyaad Patel (36), dari Afrika Selatan, berada di Masjid Nabawi ketika ia mendengar ledakan seperti suara panggilan tradisional sebagai tanda berakhirnya puasa pada Senin waktu setempat.

Dia pada awalnya berpikir itu tanda tradisional untuk mulai berbuka, seperti tembakan meriam perayaan, tapi kemudian ia merasa tanah bergetar.

"Getaran yang sangat kuat," katanya kepada kantor berita AP. "Ini seperti bangunan meledak."

Rentetan Bom Bunuh Diri

Dalam waktu hampir bersamaan, dua ledakan juga dikabarkan mengguncang kawasan dekat sebuah masjid di timur Kota Qatif, Arab Saudi.

Sejumlah saksi mata mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di luar sebuah masjid Syiah pada Senin malam.

Mereka juga melaporkan melihat bagian tubuh yang tergeletak di tanah di kawasan yang merupakan kawasan bisnis di kota itu.

"Itu pasti bom bunuh diri. Saya bisa melihat tubuh yang hancur berkeping-keping," ujar seorang penduduk seperti dikutip dari Aljazeera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini