Sukses

Jokowi Umumkan Nama Komisioner Baru Kompolnas Pekan Depan

Jokowi diminta memilih 3 nama calon komisioner Kompolnas dari tiap kelompok yang diserahkan pansel.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi telah menerima 12 nama calon komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk masa bakti 2016-2020. Ia akan memilih nama-nama itu dengan cermat dan mengumumkannya pekan depan.

"Jadi Kompolnas sudah disampaikan nama 12 itu, dalam 2-3 hari ini mungkin (dipilih Presiden Jokowi). Minggu depan akan umumkan yang bakal jadi definitif dan dilantik sebelum 18 Mei," kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Luhut menyatakan, pemilihan komisioner yang baru dilakukan Jokowi dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Mereka yang terpilih diharapkan dapat memberikan pertimbangan pada Presiden dengan baik, demi kebaikan Polri di masa depan.

"Tentu ada berbagai pertimbangan aspek-aspek," tandas Luhut.

Sementara itu, Ketua Pansel Kompolnas Imam Sudjarwo mengatakan, ada 12 nama yang diserahkan kepada Jokowi. Sebanyak enam nama itu berasal dari pakar kepolisian dan enam lain merupakan tokoh masyarakat. Jokowi diminta memilih tiga nama dari tiap kelompok itu.

Pansel, lanjut Imam, sudah melakukan investigasi rekam jejak para calon anggota Kompolnas. Investigasi itu melibatkan sejumlah badan dan lembaga negara.

"Kita sudah lakukan tracking terhadap 24 anggota Kompolnas, termasuk 12 yang lolos ke Bareskrim, BIN, KPK, dan PPATK," tandas Imam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini