Sukses

VIDEO: Sutino, Penyebar Kebaikan Lewat Bemo

Liputan6.com, Jakarta - Seorang sopir bemo di Jakarta memodifikasi bemo nya menjadi perpustakaan dan layar tancap. Dengan bemo multifungsi ini ia berkeliling kampung untuk menyebarkan kebaikan kepada anak-anak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (23/4/2016), bemo serbaguna ini bisa untuk mengangkut penumpang, bisa juga jadi perpustakaan keliling dan bisa berubah menjadi layar tancap. Inilah bemo milik Sutino yang akrab dipanggil Kinong.

Kinong adalah sopir bemo yang tak hanya berpikir bagaimana mencari penumpang untuk nafkah. Kinong punya kepedulian yang juga diwujudkan lewat bemo kesayangannya.

Di sore hari bemo Kinong disulap menjadi perpustakaan, dibantu seorang kawannya, Kinong menata buku-buku yang kemudian diedarkan keliling kampung di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat. Bemo Kinong menyajikan buku cerita serta pengetahuan popular untuk anak-anak.

Di malam harinya Kinong mengubah bemonya menjadi layar tancap. Beragam film diputar di malam hari yang ditonton anak-anak di kampungnya. Sudah 2 tahun Kinong melakukan ini dengan bemonya.

Apa yang dilakukan Kinong adalah mimpinya sejak kecil. Ia ingin anak-anak dapat membaca dan menonton film serta tidak terjebak pada pergaulan negatif. Bagi pria berusia 56 tahun ini rasa lelah keliling kampung terbayar melihat tawa anak-anak di perpustakaan dan bioskop bemonya.

Loading