Sukses

MKD DPR Jadi Studi Banding ke Inggris

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) berencana melakukan kunjungan kerja ke Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) berencana melakukan kunjungan kerja ke Inggris. Hal itu dilakukan untuk membandingkan bagaimana penegakan etika di Inggris.

Beragam reaksi pun muncul terkait dengan studi banding yang akan dilakukan MKD ini. Meski begitu, Ketua MKD Surahman Hidayat menyatakan studi banding ini memang perlu dilakukan.

"MKD ini kerjanya serius. Kemarin kita bikin seminar nasional dan itu sukses. Kami ingin penegakan etika ini jadi semangat bersama tidak hanya DPR tapi juga DPRD. Ini akan lebih lengkap lagi jika ditambah dengan ke luar negeri," ungkap Surahman di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Ia menuturkan, rencana studi banding ini sudah ada sejak 2015 agar bisa belajar dari negara lain. Politikus PKS ini menjelaskan alasan mengapa memilih Inggris sebagai negara untuk studi banding.

"Kita sudah lihat-lihat dan salah satu negara tertua itu Inggris, makanya kita pilih ke sana dan ini juga sudah merupakan hasil dari kajian. Itu juga sudah dikomunikasikan sejak tahun lalu, sudah komunikasi juga dengan KBRI," ujar dia.

Surahman bahkan mengatakan KBRI di Inggris sudah menanyakan apakah MKD jadi melakukan kunjungan ke Inggris karena rencananya sudah dari tahun lalu.

"Kata KBRI ini bagaimana? Jadi enggak? Kita bilang jadi tapi mungkin pada masa sidang yang akan datang. Kita sudah komunikasikan dengan KBRI sana dan tidak main-main," jelas Surahman.

"Kita ingin mendapatkan lesson learning jadi belajar dari yang sudah prakteknya seperti apa. Kita pengin tau praktiknya di sana seperti apa. Kita ingin mendapat ilmu di sana, kalau tidak (jadi) makanya di sana yang akan malu," Surahman menandaskan.

Rencananya, MKD akan melakukan studi banding ke Inggris selama kurang lebih seminggu dan yang berangkat ada sekitar 14 orang.

"Ada 14 yang berangkat ke Inggris dari semua partai. Sebagian ada yang pansus jadi dia tidak bisa berangkat. Soal etika ini kan kita udah kurang maju, hampir semua departemen," ucap Wakil Ketua MKD Lili Asdudiredja.

Lili menegaskan, tujuan MKD ke Inggris hanya satu yaitu bertemu dengan Parlemen di sana dan mempelajari bagaimana sistem Parlemen serta etika di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini