Sukses

Warga Yogyakarta Nonton Gerhana Matahari di Alun-alun Utara

Proses gerhana matahari di Yogyakarta akan terlihat sekitar 83%.

Liputan6.com, Yogyakarta - Proses pengamatan gerhana matahari di Yogyakarta pagi ini, dilakukan di beberapa tempat seperti di kawasan Tugu dan Alun-alun Utara. Ratusan masyarakat pun antusias menyaksikan proses gerhana matahari di Alun-alun Utara sisi barat jalan dan depan gapura Masjid Gedhe Kauman.

Ketua Panitia Pelaksana gerhana matahari di Alun-alun Utara Danang Dwi Saputra mengatakan, panitia menyediakan 4 teleskop dan 50 filter di Alun-alun Utara dan depan Masjid Gedhe Kauman. Proses gerhana matahari di Yogyakarta akan terlihat sekitar 83%.

"Proses di sini matahari akan terlihat seperti bulan sabit saja itu sekitar pukul 07.25 WIB. Warga disediakan 50 filter dan 4 teleskop disini," ujar Danang, di lokasi Rabu (9/3/2016).

Danang mengatakan acara ini juga didukung 100 relawan yang memberikan informasi terkait prosesi gerhana matahari. Termasuk memberikan informasi menggunakan filter yang tidak lebih dari 5 detik. Panitia menyediakan alat yang aman seperti filter teleskop dan pinhole menggunakan kardus.

"Tidak diperkenankan secara langsung ya. Harus menggunakan alat yang aman," kata dia.

Danang menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan takmir masjid untuk salat gerhana di Masjid Gedhe Kauman. Warga yang sudah melihat juga dapat salat gerhana di masjid yang tidak jauh dari lokasi.

"Kita juga kerja sama dengan Masjid Gedhe Kauman. Nanti sekitar 07.45 WIB," Danang menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.