Sukses

Pantai Talise Mulai Dipenuhi Warga Menonton Gerhana Matahari

Sambil menunggu gerhana matahari sebagian warga berfoto bersama dan ada pula yang sarapan pagi di pinggir pantai.

Liputan6.com, Palu - Masyarakat Kota Palu mulai berkumpul di Pantai Talise, Sulawesi Tengah. Kehadiran mereka untuk menyaksikan fenomena alam langka, yaitu gerhana matahari total (GMT).

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Rabu (9/3/2016), masyarakat mulai berkumpul pukul 05.30 Wita. Jalan menuju Pantai Talise sudah mulai padat. Masyarakat datang dengan kendaraan pribadi, mayoritas menggunakan mobil. Saking penuhnya, mobil di parkir di bahu jalan.

"Sekali lagi kami imbau pemiliki kendaraan roda empat jangan parkir di bahu jalan. Bila membandel, ban akan kami kempiskan," ujar salah seorang petugas Polda Sulteng melalui pengeras suara dari mobil dinasnya.

Beberapa orang pun ada yang memilih sarana lain seperti naik sepatu roda dan sepeda menuju Pantai Talise.

Sambil menunggu fenomena alam, sebagian berfoto bersama dan ada pula yang sarapan pagi di pinggir pantai.

Selain di Pantai Talise, titik lain untuk menonton gerhana matahari total ada di Lapangan Sepak Bola Kota Pulu. Di daerah itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama peneliti asing akan menyaksikan langsung fenomena tersebut, menggunakan teleskop yang disediakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Di Indonesia, ada 12 provinsi yang dapat terlihat jelas fenomena gerhana matahari total yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

 

*** Saksikan Live Streaming GMT 2016 di Liputan6.com pada tautan ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.