Sukses

VIDEO: Jelang Gerhana Matahari, 10 Teleskop Disiapkan di Bangka

Teleskop ini dilengkapi dengan filter matahari yang mampu mereduksi cahaya matahari hingga 10 pangkat 5 kali.

Liputan6.com, Bangka Tengah - Pihak Pemda Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mulai melakukan perakitan 10 unit teleskop yang akan digunakan dalam pemantauan gerhana matahari total. Dari hasil uji coba, seluruh teleskop siap untuk dioperasikan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (1/3/2016), menurut seorang konsultan astronomi, Henro, teleskop ini merupakan teleskop reflaktor dengan panjang fokus 400 milimeter dan diagonal lensa 80 milimeter atau yang sering disebut teleskop F/5.

Teleskop ini juga dilengkapi dengan filter matahari yang mampu mereduksi cahaya matahari hingga 10 pangkat 5 kali, sehingga membuat matahari memiliki kecerahan seperti bulan purnama.

Selain itu juga teleskop ini memiliki rekam data waktu dan global positioning system (GPS), dengan kelengkapan yang dimiliki teleskop ini, masyarakat yang hadir dapat melihat secara langsung dan detail gerhana matahari total yang akan terjadi di Bangka Tengah selama hampir 3 menit.

Selain melakukan uji coba teleskop, juga dilakukan pengujian kacamata gerhana matahari yang akan dibagikan secara geratis kepada 5.500 wisatawan yang datang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.