Sukses

Jalur Ganda KRL Serpong-Parungpanjang Beroperasi

Liputan6.com, Tangerang: Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, Rabu (16/09) pagi meresmikan beroperasinya Jalur Ganda Kereta Rel Listrik (KRL) Serpong- Parungpanjang, Banten. Hadir juga dalam peresmian ini, Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah.

Jalur KRL Ganda Serpong-Parungpanjang sepanjang 11,6 kilometer ini sudah dilengkapi dengan elektrifikasi jalur atas yang merupakan penunjang arus untuk KRL. Dengan demikian, KRL bisa beroperasi hingga Stasiun Parungpanjang.

Dalam kesempatan yang sama, Menhub juga meresmikan beroperasinya Stasiun Jurangmangu. Kelak, setiap KRL akan berhenti di stasiun ini untuk melayani para komuter yang tinggal di Bintaro dan sekitarnya. Diresmikan pula Stasiun Rawabuntu, di Stasiun Jurangmangu, Tangerang, Banten, yang telah mengalami peremajaan. Peremajaan dilakukan dengan pembangunan peron tinggi agar para komuter tidak perlu lagi memanjat untuk naik ke atas kereta.

Menhub menyatakan, tiga titik yang diresmikan merupakan bagian dari program revitalisasi perkeretaapian. Ketiganya menghabiskan dana sekitar Rp 148, 45 miliar yang berasal dari APBN. Sementara itu, Ratu Atut menyampaikan apresiasi atas nama seluruh warga Banten kepada Dephub yang terus meningkatkan pelayanan bagi warga Banten yang setiap hari menjadi komuter, mencari nafkah di Jakarta.

Rencananya, pada 2010, Jalur KRL Tanah Abang menuju Rangkasbitung akan dilanjutkan sampai Stasiun Maja, sepanjang 20 kilometer lagi. Sementara pada 2011, jalur KRL Ganda akan bertambah panjang lagi sekitar 18 kilometer hingga mencapai Stasiun Rangkasbitung.(UPI/YUS)