Sukses

VIDEO: Kedubes Negara Sahabat di Jakarta Dijaga Ketat

Penjagaan ketat diberlakukan di kantor Kedubes Prancis yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi baku tembak disertai peledakan pos polisi di perempatan Jalan Thamrin atau di pos polisi Sarinah mengejutkan banyak pihak. Insiden itu merenggut beberapa nyawa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (14/1/2016), kejadian ini mendorong peningkatan keamanan di seluruh kantor perwakilan negara sahabat.

Di kawasan Kuningan misalnya, petugas keamanan di Kedutaan Turki bersiaga. Sejumlah petugas memperketat dan memeriksa para tamu yang berkunjung.

Langkah serupa juga diterapkan pihak Kedubes Pakistan. Para petugas keamanan memperketat penjagaan sebagai langkah antisipasi berbagai kemungkinan.

Pemandangan serupa juga terlihat di Kedubes Australia. Pengalaman menjadi sasaran aksi teror bom membuat kantor perwakilan Negeri Kanguru ini makin meningkatkan kesiagaan dan memperketat pengamanan. Para tamu yang mengunjungi kedubes pun diperiksa dengan cermat.

Penjagaan ketat juga diberlakukan di kantor Kedutaan Besar Prancis yang tak jauh dari lokasi kejadian. Sejumlah personel Polda Metro Jaya bersenjata lengkap diterjunkan untuk membantu pengamanan di kantor perwakilan negara sahabat ini.

Petugas tak hanya berjaga di gerbang kedutaan, namun juga di sejumlah titik di sekitarnya.

Sementara insiden itu memicu kepanikan para orangtua siswa sekolah Santa Theresia Menteng, yang tak jauh dari lokasi. Pihak sekolah langsung menghentikan kegiatan belajar mengajar dan para orangtua pun menjemput anak-anak mereka.

Untuk mencegah terjadinya aksi serupa, peningkatan keamanan juga dilakukan di sejumlah akses jalan utama yang dilintasi masyarakat. Di antaranya di perbatasan wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

Polres Metro Jakarta Barat menerjunkan anggotanya untuk melakukan penjagaan di pos-pos polisi di seluruh wilayah hukum Jakarta Barat. Dalam status Siaga I ini, polres mengerahkan 1.600 pasukannya untuk mengamankan wilayah Jakarta Barat.

Penjagaan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya aksi teror ditempat tempat keramaian.

Menyusul terjadinya bom di depan Sarinah, pusat perbelanjaan Senayan City ditutup. Jalan masuk menuju Senayan City sudah ditutup sejak pukul 11.00 WIB.

Sejumlah petugas keamanan berjaga-jaga di depan jalan masuk Senayan City. Mereka menghalau sejumlah pengendara yang berusaha masuk ke area Senayan City.

Langkah ini sebagai antisipasi kejadian di kawasan Sarinah Thamrin. Hanya pekerja yang dapat menunjukan identitas karyawan, yang dizinkan masuk ke area Senayan City. Sejumlah truk yang masuk juga diperiksa secara ketat, demi antisipasi teror bom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.