Sukses

Jalur Puncak di Kawasan Cianjur Longsor, Kendaraan Dialihkan

Petugas Satlantas Polres Bogor menutup jalur menuju puncak dan mengalihkannya menuju Sukabumi.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang terjadi di kawasan Puncak mengakibatkan longsor di wilayah Cugenang, Jalan Raya Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Akibatnya, arus lalu lintas Cipanas-Ciawi maupun sebaliknya terputus.

Petugas Satlantas Polres Bogor menutup jalur menuju puncak dan mengalihkannya menuju Sukabumi. Penutupan ini dilakukan setelah tanah longsor menutupi semua bahu jalan.

"Penutupan dilakukan hingga material tanah yang menutupi jalan berhasil dievakuasi, sebab diperlukan waktu yang cukup lama," kata Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena saat dihubungi Liputan6.com, Bogor, Rabu (13/1/2016).

Jalur Puncak tepatnya di Cugenang, Kabupaten Cianjur tertutup seluruhnya oleh longsoran tanah sepanjang 5 meter. Longsor diketahui terjadi pukul 17.10 WIB sore tadi.

Untuk arus kendaraan yang hendak menuju Cianjur dan Bandung ataupun dari arah Jakarta dialihkan ke Jalur Sukabumi dan jalan Raya Cileungsi Jonggol. Penutupan ini dilakukan setelah tanah longsor menutupi semua bahu jalan.

"Anggota Satlantas melakukan pengalihan di pos polisi Lingga Ciawi (KM 46 Tol Jagorawi) arah jalur Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) lewat running text di mobil dinas satlantas. Ini untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalur Puncak," papar dia.

Hingga pukul 21.15 WIB dilaporkan masih terjadi penumpukan arus lalu lintas di jalur tersebut. Begitu juga di simpang Ciawi, terjadi kemacetan cukup parah akibat adanya pengalihan kendaraan.

"Bus yang sudah tiba di Puncak tepatnya di Riung Gunung diputarbalikkan agar menggunakan jalan jalur Sukabumi," kata Kanit Laka lantas Polres Bogor Iptu Asep Saepudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini