Sukses

Cucun PKB: Rombak Menteri, Jokowi Tahu yang Sudah Berkeringat

Liputan6.com, Jakarta - Isu reshuffle kabinet atau perombakan menteri jilid II terus santer menjadi konsumsi publik. Partai Amanat Nasional (PAN) yang baru merapat ke pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla disebut-sebut akan mendapat jatah menteri.

Wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, Jokowi pasti memiliki semua data para pembantunya yang bekerja sungguh-sungguh maupun tidak.

"Soal reshuffle menteri, ‎Pak Presiden pasti tahu mana yang berkeringat dan mana menterinya yang benar-benar bekerja. Pak Presiden pasti punya semua datanya itu biarlah menjadi hak Pak Presiden," kata Cucun di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Untuk itu, anggota Komisi IV DPR ini meminta semua pihak tidak ikut campur dan memperkeruh kabar yang belum tentu benar adanya. Terlebih, Jokowi sendiri belum pernah mengatakan rencana merombak kembali kabinetnya ‎pasca-perombakan jilid I tahun lalu.

"Baiknya legislatif memperbaiki tugasnya agar tidak gaduh dan jalannya pemerintahan bisa lancar. Apalagi di luar lembaga (DPR), ormas atau apa ikut mengkritik menjelekkan menteri dan pemerintah, mengkritisi boleh tapi Pak Presiden pasti punya penilaian sendiri," ujar dia.

Selain itu, ia mengimbau, PAN yang diisukan akan mengisi kursi menteri Kabinet Kerja‎ tidak perlu dibesar-besarkan. Sebab, adanya PAN atau tidak dalam pemerintahan Jokowi-JK roda pemerintahan ini tetap berjalan.

"Presiden tahu mana yang sudah berdarah-darah, Presiden tidak boleh diintervensi dalam reshuffle kabinet atau didesak harus masukkan PAN ke kabinet," pungkas Cucun.