Sukses

Indosiar Gandeng Brimob Gelar Operasi Katarak Se-Indonesia

Kegiatan Ini merupakan rangkaian acara dalam rangka menyambut HUT Indosiar ke-21 dan HUT HUT Korps Brigade Mobil (Korbrimob) ke-70.

Liputan6.com, Depok - Rumah Sakit Bhayangkara Brimob di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, menjadi pusat pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial Operasi Masal Katarak untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari berbagai macam acara yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka menyambut HUT Indosiar ke-21 dan HUT Korps Brigade Mobil (Korbrimob) ke-70.

Wakil Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Kompol Dokter Arinando Pratama mengatakan, kegiatan bakti sosial yang digelar Indosiar bersama Brimob ini, menargetkan mengoperasi 2016 pasien penderita katarak.  

"Target itu sendiri ditetapkan karena perayaan ulang tahun Indosiar ke-21 dan Korbrimob ke-70 jatuh pada tahun 2016. Pada kenyataan di lapangan, target tersebut jauh terlampaui. Dalam 24 jam saja sudah ada 2118 pasien dari seluruh Indonesia," ujar Arinando, di Depok, Sabtu (9/1/2016)

Menurut Arinando, di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, terdapat sekitar 400 lebih calon pasien yang mendaftar. Setelah dilakukan screening (pemeriksaan keseluruhan sebelum operasi), hanya 206 pasien yang dapat dioperasi.

Hal itu, lanjut dia, karena banyak pasien yang memiliki kendala kesehatan sehingga tidak memungkinkan untuk dioperasi. Seperti, gula darah dan tekanan darah yang tinggi.

"Kalau di rumah sakit kami, usia termuda 42 tahun dan usia tertua 98 tahun. Semakin tinggi usia, semakin banyak penyakitnya," tambah Arinando.

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Masal Katarak ini digelar di 21 tempat yang tersebar di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini