Sukses

Lalin Lancar, Kapolda Metro Imbau Masyarakat Balik Malam Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian memantau arus balik libur tahun baru 2016 melalui udara sejak pukul 15.45 hingga 17.00 WIB. Arus lalu lintas di beberapa ruas tol menuju Jakarta masih terpantau lancar.

Karena itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengatakan, Kapolda Tito mengimbau kepada masyarakat yang hendak balik dari luar kota usai liburan, agar melakukan perjalanan malam ini. Hal itu untuk mengurangi lonjakan kendaraan pada puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Minggu 3 Januari 2015 besok.

"Dari pantauan udara tadi, Pak Kapolda mengimbau masyarakat mumpung lancar agar kembali ke Jakarta malam ini. Agar tidak menumpuk besok," ujar Iqbal di Jakarta, Sabtu (2/1/2016).

Berdasarkan pantauan dari udara, lanjut dia, sejumlah ruas tol terpantau lancar. Seperti di gerbang Tol Cikunir, Tol Bekasi, Tol Bekasi Timur, Tol Cikopo, Tol Pasar Rebo dan Cililitan. Tak hanya itu, rest area di Karawang juga relatif sepi.

"Sedangkan gerbang Tol Cikarang Utama lumayan padat, antre 500 meter, gerbang Tol Cikopo dari Palimanan menuju Jakarta antre 600 meter, GTO Cikarang Utama dari Cikampek menuju Jakarta padat antre sekitar 600 meter," beber dia.

Sementara arus lalu lintas dari Bogor menuju Jakarta melalui Tol Jagorawi ‎terpantau mulai padat. Meski volume kendaraan meningkat, namun belum terjadi lonjakan yang signifikan di Tol Jagorawi.

"Arus lalu lintas Jagorawi dari Bogor, Puncak, Ciawi meningkat tapi belum melonjak. Kemacetan ada yang dari Cibubur ke pintu Tol Cibubur Junction," ucap Iqbal.

Menurut dia, kemacetan yang terjadi sejauh ini disebabkan antrean transaksi pembayaran di tiap-tiap gardu tol. "Tapi semua terpantau aman. Permasalahannya karena transaksi lamban. Setelah gardu tol lalu lintas kembali lancar," pungkas Iqbal.