Sukses

Arus Balik Libur Tahun Baru, Ribuan Kendaraan Bakal Serbu Merak

Terkait arus balik dari Anyer ke Jakarta, sistem buka tutup akan diterapkan di titik yang padat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan arus balik liburan tahun baru 2016. Di antaranya, mewaspadai belasan ribu kendaraan dari pulau Sumatera menuju Jakarta.

Data Kemenhub menyebutkan, dari 26 ribu kendaraan roda empat maupun roda dua yang meninggalkan Jakarta, hanya 11 ribu kendaraan yang sudah kembali. Karena itu, Kemenhub meminta kesiapan Pelabuhan Merak.

"Masih ada 15 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Sugihardjo di Jakarta, Sabtu (2/1/2016).

Dia menjelaskan, Pelabuhan Merak sudah menyediakan 28 kapal besar yang siap beroperasi. 5 Dermaga juga telah dioperasikan.


Bukan hanya itu, menurut Sugihardjo, setelah menghubungi Dirlantas Polda Banten melalui video conference, dipastikan akan menambah personelnya di Pelabuhan Merak.

"Sudah dipastikan akan segera tambah anggota di Pelabuhan Merak, jika terjadi lonjakan," tutur dia.

Sugihardjo menambahkan, terkait arus balik dari Anyer, Banten ke Jakarta, sistem buka tutup akan diterapkan di titik yang padat seperti pintu keluar Tol Cilegon Timur dan Barat.

"Kami gunakan sistim buka tutup, one way, pagi yang ke arah Anyer, sore pukul 17.00 WIB yang ke Jakarta," pungkas Sugihardjo.

Kemenhub memperkirakan, puncak arus balik liburan tahun baru akan terjadi malam ini dan Minggu besok, baik dari Sumatera, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini