Sukses

Menantu Hamil 7 Bulan, Jokowi Gelar Mitoni

Liputan6.com, Solo - Keluarga Presiden Jokowi menggelar acara syukuran 7 bulanan atau mitoni untuk menantunya, Selvi Ananda, di kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo hari ini. Syukuran mitoni digelar karena kehamilan istri putra sulung Jokowi itu memasuki usia 7 bulan.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (26/12/2015), sebuah tenda berwarna putih dipasang di halaman depan rumah pribadi mantan Wali Kota Solo itu. Pengamanan ketat terlihat. Rumah dijaga Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang mengenakan seragam batik.

Sejumlah tamu terlihat hadir dalam acara syukuran mitoni yang digelar secara sederhana itu. Di antaranya Wali Kota Solo terpilih FX Hadi Rudyatmo serta wakilnya, Achmad Purnomo, dan kerabat keluarga Jokowi.

Dalam acara syukuran tersebut, keluarga besar Jokowi mengenakan pakaian adat Jawa. Jokowi dan kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka serta Kaesang Pangarep, mengenakan busana beskap biru.

Sedangkan Ibu Negara Iriana Jokowi serta putrinya, Kahiyang Ayu, mengenakan kebaya berwarna biru serupa dengan yang dikenakan Jokowi.

Acara resepsi malam pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/6/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara sang menantu, Selvi Ananda mengenakan kebaya berwarna kuning. Perut sang menantu juga terlihat membesar dalam usia kandungan menginjak 7 bulan ini.

"Alhamdulillah, hari ini ada upacara syukuran dari 6 bulan menuju 7 bulan untuk anak saya Gibran dan Selvi. Mohon doa restu semoga bayi yang dikandung sehat dan diparingi (diberikan) lancar semuanya," kata Jokowi di kediamannya, Solo, Jawa Tengah.

Jokowi mengungkapkan acara mitoni ini digelar sesuai dengan tradisi Jawa. Selain sungkeman, prosesi upacara mitoni juga dilakukan dengan siraman, membelah kelapa muda, dan lainnya.
 
"Semua urut-urutan prosesi syukuran mitoni akan dilakukan sesuai dengan dengan tradisi Jawa," ucap dia.

Dia pun mengaku senang akan segera memiliki cucu pertamanya. "Minta doanya saja," tutur Jokowi.**