Sukses

Terungkap, Asal Ikan 'Raksasa' di Sungai Ciliwung

Liputan6.com, Bogor - Warga Bogor Utara, tepatnya di Kelurahan Cibuluh, Minggu 29 November 2015 kemarin, dikejutkan dengan temuan ikan 'raksasa' di Sungai Ciliwung. Sempat menjadi tanda tanya dari mana ikan itu berasal, namun akhirnya terungkap.

Ikan raksasa yang ditemukan warga di Sungai Ciliwung merupakan peliharaan pengelola taman wisata Sumber Karya Indah (SKI), Tajur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Muhammad Soleh, salah seorang karyawan SKI membenarkan bahwa ikan dengan nama Latin Arapaima gigas yang terdampar di Sungai Ciliwung merupakan salah satu koleksi taman wisata tersebut.

"Ikan itu mati Sabtu pagi kemarin," kata Soleh, di Bogor, Senin (30/11/2015).

Menurut Soleh, Ia menambahkan, ikan tersebut ditemukan mati di salah satu kolam yang berada di area wisata itu. Kemudian, para pegawai mengangkatnya dan membuang ikan bersisik abu itu ke aliran Sungai Ciliwung.

"Karena besar dan berat, ikan itu diangkat oleh 7 orang," ungkap Soleh.

(Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Soleh menyebutkan, rata-rata ukuran ikan yang dimiliki SKI memiliki panjang 1,5-2 meter dengan bobot mencapai 200 kilogram. Dan ikan tersebut didatangkan langsung dari negara Brasil.

"Habitatnya ada di Sungai Amazon," terang dia.

Di kolam ini, kata dia, ada sekitar 15 ekor ikan jenis Arapaima gigas. Sampai saat ini, pihak pengelola belum mengetahui penyebab matinya ikan raksasa tersebut. (Dry/Ans)

Massa Pendukung Saat Hadiri Lokasi Debat Capres

Tutup Video