Sukses

JK: Terorisme Jadi Salah Satu Topik Pembahasan di KTT ASEAN

Menurut Wapres JK, kedatangan Presiden Jokowi dalam forum KTT ASEAN sangat berpengaruh dan mempunyai andil yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo bertolak menuju Malaysia, Jumat sore tadi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ([KTT) ASEAN]( 2371127 "") yang digelar di Kota Kuala Lumpur. Wakil Presiden Jusuf Kala yang turut mendampingi Jokowi sebelum terbang dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, mengatakan salah satu isu yang akan dibawa dalam forum tersebut yaitu mengenai upaya penanggulangan terorisme.

"Agenda tersebut pasti (akan dibahas). Itu kan bagaimana ASEAN ini bersatu untuk menghadapi terorisme," ucap wapres yang akraB disapa JK sesaat setelah Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa rombongan Jokowi lepas landas di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (20/11/2015).

JK mengatakan, sebagai pemimpin negara terbesar di kawasan Asia Tenggara, kedatangan Presiden Jokowi dalam forum KTT ASEAN sangat berpengaruh dan mempunyai andil yang besar dalam setiap program kerja sama antara negara ASEAN maupun negara-negara di luar ASEAN.

"Kita ini kan negara ASEAN yang terbesar, otomatis sama-samalah tapi Indonesia itu harus juga bersama-sama membangun Asia. Apalagi untuk persiapan menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Di samping itu kan ada namanya (dalam KTT ASEAN) ada ASEAN plus 6, Amerika Serikat, Rusia, China, Korea, India dan Jepang," papar JK.

Dalam kesempatan itu, JK yang juga baru saja kembali dari menghadiri KTT APEC di Filipina juga menyampaikan hasil kunjungannya tersebut. "Ya tadi sempat bertemu, laporkan APEC kemarin."

Hadiri 9 KTT

Sementara itu Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan, selain menghadiri KTT ke-27 ASEAN, Presiden Jokowi juga menghadiri 9 KTT lainnya. Yakni KTT ke-18 ASEAN-Republik Rakyat Tiongkok, KTT ke-13 ASEAN-India, KTT ke-18 ASEAN Plus Three, KTT ke-3 ASEAN-AS, KTT ke-10 Asia Timur (10th East Asia Summit/EAS), KTT ke-18 ASEAN-Jepang, KTT ke-17 ASEAN-Republik Korea dan KTT ke-7 ASEAN-PBB.

"Dan terakhir KTT Peringatan ke-40 Kerja Sama Kemitraan ASEAN-Selandia Baru," ujar Ari melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Untuk KTT ASEAN ke-27, upacara pembukaan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 November 2015 pukul 08.00 waktu setempat di Plenary Hall KLCC, Kuala Lumpur.

Menurut Ari, pada KTT ke-27 ASEAN di Kuala Lumpur, para Pemimpin ASEAN akan mengusahakan tercapainya kesepakatan Konvensi ASEAN mengenai Perdagangan Manusia, Deklarasi Kuala Lumpur mengenai Pembentukan Komunitas ASEAN, dan Deklarasi Kuala Lumpur mengenai ASEAN 2025. (Ans/Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini