Sukses

PDIP Desak Jaksa Agung Beri Penjelasan soal Kasus Risma

Kasus Risma mengemuka saat KPK tengah menangani kasus mantan Sekjen DPP Nasdem, Patrice Rio Capella‎ dan isu reshuffle HM Prasetyo.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik status tersangka mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma yang akan berlaga di pilwalkot Surabaya pada 9 Desember 2015 nanti, tidak lepas dari anak buah Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Menariknya, kasus Risma mengemuka saat KPK tengah menangani kasus yang membelit mantan Sekjen DPP Nasdem Patrice Rio Capella‎ dan isu pencopotan Jaksa Agung itu sendiri. Ini perlu penjelasan dari pihak terkait," ujar Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Masinton mengaku, dirinya mencuriga posisi waktu penetapan Risma sebagai tersangka setelah nama Rio Capella ada dalam genggaman KPK.

Bahkan, kecurigaan adanya aksi politik yang dilakukan Jaksa Agung, menurut Masinton, juga lantaran diungkapnya sejumlah kasus lama tapi hanya sebagian.

"Contohnya kasus PT Mobile 8. Jika tak ingin dituding ada unsur politis, maka seharusnya kejaksaan bongkar juga kasus kredit fiktif PT CGN dengan Bank Mandiri. Berani tidak?," tegas Masinton.

Karena itu, dia meminta jangan sampai ada anggapan hanya karena Jaksa Agungnya berasal dari parpol, sehingga sulit membedakan mana sikap Jaksa dan sikap sebagai politisi.

"Kita tetap butuh jaksa yang independen dan mampu menjaga marwah Kejaksaan Agung sebagai lembaga penegak hukum yang kredibel Jangan sampai ada anggapan miring lah," pungkas Masinton. (Dms/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini