Sukses

PDIP Nilai Setahun Pemerintahan Jokowi-JK Tak Mulus

Banyak kebijakan tak populer yang diambil Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristianto menilai tahun pertama pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tak berjalan mulus. Apalagi dia berpandangan bahwa tantangan ke depan yang semakin besar khususnya di bidang ekonomis kian membuat pemerintah harus bekerja keras.

"Memang tantangan-tantangan tak mudah. Tantangan di bidang ekonomi secara khusus," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2015).

Kepemimpinan Jokow-JK dalam roda pemerintahan hari ini genap berusia 1 tahun. Dalam usia pertama pemerintahan berjalan, Hasto menilai, Jokowi beberapa kali mengambil kebijakan yang tak populer.

"Di awal-awal kepemimpinan Jokowi ini berbagai kebijakan yang tidak populer diambil," ucap Hasto tanpa menjelaskan rinci kebijakan nonpopuler yang dimaksud itu.

Meski demikian, kebijakan-kebijakan itu dilihat Hasto sebagai pijakan awal untuk membangun percepatan dan pertumbuhan ekonomi dalam menyongsong tahun kedua pemerintahan. Diharapkan, hal tersebut benar-benar tercapai pada tahun kedua Jokowi-JK ini.

"Beberapa hal PDIP juga menerima kritik dan masukan masyarakat, misalnya proyek kereta api cepat. Kritik-kritik yang diterima PDIP ini tentu saja kami sampaikan pada pemerintah," ujar Hasto.

Tapi dia meyakini, kepemimpinan Jokowi adalah kepemimpinan yang mendengarkan suara rakyat. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.