Sukses


Setahun Pemerintahan, MPR Minta Jokowi-JK Tiru Program Soekarno

Salah satu program pembangunan nasional era Bung Karno adalah Semesta Berencana

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) hari ini genap berusia 1 tahun. Jokowi telah merombak kabinetnya beberapa waktu lalu karena merasa menterinya kurang maksimal‎ menjalankan program-program yang ia perintahkan.

Untuk itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengusulkan agar pemerintahan Jokowi-JK meniru amanat Presiden Soekarno tentang program pembangunan Semesta Berencana, agar kebijakan pusat dan daerah berjalan selaras.

"Kalau bisa seperti Bung Karno, dulu ada yang namanya Semesta Berencana (program pembangunan)," kata Zulkifli Hasan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Menurut Zulkifli, saat ini masing-masing pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan tak memiliki program dan visi-misi sendiri-sendiri. Oleh karena itu dia mengusulkan agar pemerintah merumuskan visi jangka panjang program pembangunan.

"Jadi jangan bupati bikin visi sendiri, gubernur sendiri, pemerintah pusat sendiri, masing-masing bikin program," ujar dia.

Selain itu Zulkifli juga meminta pemerintahan Jokowi-JK di 1 tahun masa kepemimpinannya terus memperkuat persaudaraan serta nilai-nilai kebangsaan untuk menghindari terjadinya peristiwa seperti di Tolikara dan Aceh Singkil.

"Soal persaudaraan kebangsaan yang mulai rapuh, jangan sampai lagi terjadi kasus seperti di Tolikara dan Aceh Singkil," imbuh Ketua Umum DPP PAN itu.

Selain itu, Zulkifli juga mendorong agar semua partai politik pendukung pemerintah bisa semakin solid untuk membantu kinerja pemerintah.‎ "Pemerintah juga perlu memperkuat soliditas partai-partai pendukung pemerintah yang berada di kabinet," pungkas Zulkifli Hasan. (Nil/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini