Sukses

Pasca-Kebakaran Lebak Bulus, 650 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Areal permukiman seluas 3 hektare itu hangus tak tersisa akibat dilalap api.

Liputan6.com, Jakarta - Ganasnya kobaran api yang melanda pemukiman warga di Jalan Lebak Bulus 5 RT 014 RW 004 Cilandak, Jakarta Selatan pagi tadi, telah meluluhlantakkan ratusan rumah di kawasan padat penduduk tersebut. Areal permukiman seluas 3 hektare itu hangus tidak tersisa setelah dilalap api.

Akibatnya ratusan jiwa harus kehilangan tempat tinggalnya. Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan Irwan mengatakan, ada 150 kepala keluarga yang menjadi korban kebakaran.

"Jumlah penduduk tetap 150 ‎KK dengan jumlah 300 jiwa. Untuk warga musiman 500 KK," kata Irwan kepada Liputan6.com di Jakarta Selatan, Rabu (7/10/2015).

Sebagian besar warga musiman yang terdata oleh Sudin Damkar dan Penanggulangan Bencana merupakan pemulung. Tercatat 500 keluarga bermukim di area tersebut.

"Justru yang paling banyak terbakar di area permukiman pemulung. Semua ludes terbakar dan tidak tersisa. Seperti yang dilihat di lokasi, hanya tinggal puing saja," lanjut Irwan.

Api merambat cepat ketika warga tengah pulas tertidur pada pukul 04.15 WIB. Tidak ada yang dapat menyelamatkan harta benda kala si jago merah mengamuk.

Api baru dapat dipadamkan 1 jam kemudian, setelah petugas mengerahkan 27 unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Hingga saat ini, warga masih kebingungan akan bermalam di mana mengingat rumah mereka sudah ludes terbakar. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini