Sukses

Kabut Asap, Jemaah Haji Dipulangkan Lewat Laut

Kabut asap pekat mengganggu operasi penerbangan.

Liputan6.com, Batam - Ratusan  jamaah haji embarkasi Batam kloter 03 asal Pekanbaru dipulangkan lewat jalur laut. Sebabnya kabut asap mengganggu operasi penerbangan dari dan ke Pekanbaru.

"Kondisi udara tidak memungkinkan, jamaah haji asal Pekanbaru terpaksa dipulangkan lewat laut," kata Sekretaris I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Batam, Muhammad Widarto, Selasa (6/10/2015).

Pemulangan jemaah haji ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat. Keputusan memulangkan jemaah lewat laut diambil Senin lalu seiring kabut asap yang masih pekat di Riau dan sekitarnya.

"Dari jauh -jauh hari dari mereka sudah melakukan persiapan menyediakan kapal," ujar dia.

Total jamaah haji yang dipulangkan via jalur laut itu 445 orang, rinciannya ke Pelalawan 138 orang dan Rokan Hilir 307 orang.

Gara-gara kabut asap, jarak pandang beberapa kabupaten dan kota di Riau terbatas berkisar antara 200 hingga 50 meter. Jarak pandang di Kota Pekanbaru dan sekitarnya pada Selasa ini hanya 100 meter.

"Jarak pandang terburuk terjadi di Kabupaten Pelalawan, yaitu hanya 50 meter. Sementara Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu tak jauh lebih baik, yaitu 100 meter, dan Kota Dumai berkisar 100 meter," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Pekanbaru Sugarin, Selasa (6/10/2015). (Hmb/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini