Sukses

Pantau Pembangunan Irigasi, Jokowi Dirubung Warga di Karawang

Jokowi juga sempat berbincang dengan warga yang sedang membuat pondasi untuk dinding saluran irigasi.

Liputan6.com, Karawang - Usai meninjau panen raya padi varietas baru IPB 3S dan IPB 4S di Desa Cikarang, Kecamatan Cimalaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kunjungan ke Desa Pulau Kelapa, Kecamatan Lemah Abang.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (27/9/2015), di Desa Cikarang, Jokowi mengecek hasil pembangunan fasilitas umum desa yang dibangun atas pemanfaatan dana desa dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih‎ dan bercelana hitam serta topi ‎snapcap merah bertuliskan +62 --kode telepon negara Indonesia-- itu disambut warga desa yang telah menunggu sejak siang.

Warga pun antusias dan b‎erebut bersalaman serta mengabadikan dengan kamera ponselnya, saat Presiden sedang berjalan menyusuri gang sempit ke lokasi desa yang dituju. ‎
‎
Di desa ini, Jokowi juga memantau proses pembangunan saluran irigasi yang berada di tengah-tengah permukiman warga. Saluran ini difungsikan untuk mengairi sawah dan lahan perkebunan yang dibangun langsung oleh warga. ‎
‎
Jokowi juga sempat berbincang dengan warga yang sedang membuat pondasi untuk dinding saluran irigasi.

"Ini bikin apa?" tanya Jokowi.

"Ini saluruan irigasi Pak, untuk mengairi sawah," jawab seorang warga.

Menteri Desa dan Pembangunan Daerat Tertinggal Marwan Djafar mengatakan, dana pembangunan irigasi itu merupakan pemanfaatan dana desa yang telah dicairkan desa-desa di Karawang. Pembangunan irigasi merupakan keinginan warga.

"Kami memberikan dana ini ke warga, dan warga menginginkan agar dana itu digunkan untuk pembangunan saluran irigasi, Pak," kata Marwan saat mendampingi Jokowi. ‎

Untuk memastikannya, Jokowi juga bertanya kepada Kepala Desa Pulau Kelapa Popon Fatmawati. Kades perempuan itu pun mengiyakan, kalau warga memang menginginkan pembangunan irigasi. ‎

"Kenapa pilih untuk bangun irigasi?" tanya Jokowi.

"Ini ‎permintaan masyarakat, Pak," jawab Popon.

Setelah memantau pembangunan saluran Irigasi, Jokowi pergi meninggalkan desa ini. Namun sebelum pergi, ia sempat melakukan rapat mendadak secara tertutup bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dan Menteri Marwan di rumah warga tak jauh dari lokasi pembangunan irigasi. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.