Sukses

Asap kiriman Batalkan Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam

Bandara Hang Nadim melayani 124 penerbangan sesuai dengan jadwal.

Liputan6.com, Batam - Sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam tujuan Sumatera Gagal terbang. Hal ini disebabkan oleh adanya kabut asap kiriman.

"Jadi sehubungan ada gangguan penerbangan berupa asap khusus kota-kota di Sumatera, rata-rata setiap hari adanya pembatalan dan delay (keterlambatan) berjumlah kira-kira 5 flight (penerbangan)," ucap Kepala Bidang Umum Bandara Hang Nadim Batam kepada Liputan6.com, Kamis (3/9/2015).

Dia mengatakan, setiap harinya ada 5 penerbangan yang ditunda. Sementara jika dalam 1 pekan, tercatat ada 35 penerbangan yang gagal terbang.

"Yang batal tunda dari Jambi, Padang, Pekanbaru untuk penerbangan pagi batal dan schedule siang dan sore tetap. Untuk calon pempang disatukan atau 2 penebangan tinggal satu," terang Swarso.

Dia menuturkan, penerbangan dari Batam ke Pulau Jawa dan sebaliknya terpantau masih lancar. Hal ini karena ketebalan asap sudah mulai berkurang dan jumlah penumpang pun tak sebanyak rute Sumatera.

"Tergantung pilotnya. Jika ia menilai bisa mendarat, maka akan mendarat, karena keputusan itu ada pihak pilot pesawat. Pihak Bandara menginformasikan soal prakiraan cuaca dan jarak pandang," ujar dia.

Bandara Hang Nadim melayani 124 penerbangan sesuai dengan jadwal, yang dilakukan 8 operator, yakni Citilink, Lion Air, Batik, Garuda, dan Sriwijaya Air. Dengan rata-rata penerbangan bisa mengangkut 150 penumpang. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini