Sukses

Meriahkan HUT RI, WN Jerman Lomba Makan Kerupuk di Jalan Jaksa

Hari bersejarah yang jatuh tiap 17 Agustus ini juga menarik perhatian para turis yang kebetulan sedang berkunjung ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan 70 tahun Hari Kemerdekaan tidak hanya diramaikan masyarakat Indonesia. Hari bersejarah yang jatuh tiap 17 Agustus ini juga menarik perhatian para turis yang kebetulan sedang berkunjung ke Indonesia.

Seperti yang terjadi di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat. Wisatawan dari mancanegara yang ada di jalan tersebut sangat antusias menyaksikan segala kegiatan yang diselenggarakan panitia perayaan HUT RI setempat. Mulai dari makan bersama hingga berbagai jenis lomba yang biasa dilakukan pada peringatan Hari Kemerdekaan.

Tak hanya itu, panitia juga memberikan porsi bagi para wisatawan Jalan Jaksa untuk mengikuti sejumlah lomba yang telah dipersiapkan. Seperti makan kerupuk, tusuk balon dengan mata tertutup, hingga gigit uang.

Salah seorang wisatawan asal Jerman, Yohanna, yang sangat antusias menyaksikan lomba sejak awal tidak sabar untuk turut berpartisipasi. Ia meminta izin kepada panitia untuk ikut pada lomba makan kerupuk yang seharusnya digelar untuk perempuan dewasa warga lokal saja.

"Ini untuk warga lokal dulu ya. Local first, tourist soon. Next," ujar salah satu panitia ketika Yohanna menghampiri panitia.

Namun, perempuan yang sedang menikmati liburan bersama kekasih dan teman-temannya ini sudah tidak sabar. Ia pun menantang perempuan yang ada di Jalan Jaksa untuk mengalahkannya pada lomba makan kerupuk yang telah diolesi kecap tersebut.

Panitia dan warga Jalan Jaksa kemudian mengizinkannya bergabung dalam lomba tersebut. Yohanna kegirangan dan langsung berdiri di hadapan kerupuk yang telah digantungkan pada seutas tali oleh panitia.

Setelah 6 peserta bersiap, dalam hitungan ketiga mereka pun langsung mencoba melahap kerupuk di hadapannya. Yohanna yang baru pertama kali memakan kerupuk tanpa diperbolehkan menggunakan tangannya ini tampak kesulitan.

Dan setelah hampir 5 menit berlomba, Yohanna belum juga menghabiskan separuh kerupuknya. Ia kemudian berhenti menyerah setelah peserta lainnya yang merupakan warga Jalan Bangka, Naura berhasil menghabiskan kerupuk lebih dulu dari peserta lain.

"I'm lose, I'm happy... I'm happy...," teriak Yohanna yang tidak berhenti tersenyum saat rekan-rekannya mengabadikan kejadian itu.

Selain Yohanna, wisatawan mancanegara lainnya yang sedang berada di Jalan Jaksa juga turut berpatisipasi dalam Hari Kemerdekaan RI. Mulai dari Belanda, Amerika Serikat, Inggris tidak mau ketinggalan meramaikan acara yang rencananya akan digelar hingga malam hari ini. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.