Sukses

Kapolda Metro: Kejahatan di Jabodetabek Selama Ramadan Menurun

Kasus menonjol di wilayah Polda Metro Jaya ‎yang terjadi selama Ramadan adalah soal kebakaran, teror bom, dan pembunuhan wartawati di Depok.

Liputan6.com, Jakarta - Aktifitas di Jakarta kembali normal usai libur Lebaran 2015. Kepadatan dan kemacetan lalu lintas kembali ‎menjadi pemandangan biasa di Ibukota.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, situasi Jakarta relatif aman selama Ramadan dan Lebaran 2015. Tidak ada gangguan ketertiban masyarakat yang berarti pada bulan suci itu. Bahkan ia mengklaim tingkat kejahatan selama Ramadan di Jabodetabek menurun.

‎"Dari segi statistik hampir semua kejahatan (selama Ramadan) menurun," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Tito mengungkapkan, kasus menonjol di wilayah Polda Metro Jaya ‎yang terjadi selama Ramadan adalah soal kebakaran, teror bom, dan pembunuhan wartawati di Depok. Aksi swiping rumah makan dan tempat hiburan malam yang kerap terjadi selama bulan puasa pun tidak ada.

"Aksi swiping alhamdulillah ‎tidak ada. Takbiran juga lancar. Kasus lain yang menonjol saya kira kebakaran di PT Mandom dan yang di Bandara Soetta," tutur Tito.

"Kemudian kasus lain saya kira ledakan diduga bom rakitan di Mal Alam Sutra. Mudah-mudahan bisa kita ungkap.‎ Peristiwa rumah kosong juga sudah terungkap, seperti pembunuhan wartawati di Depok," tambah dia.

Kendati begitu, Tito mengklaim kasus kejahatan yang menyasar rumah kosong ‎selama Ramadanjuga relatif menurun. Hal itu karena patroli dari pihak kepolisian selama bulan suci terus ditingkatkan.

‎"Pengamanan rumah kosong saya kira teman-teman sudah paham. Kita terus tingkatkan patroli sehingga kasus rumah kosong menurun, begitu juga patroli di tempat penitipan," ucap Tito.

Mudik Lancar

Selain ketertiban dan keamanan, lalu lintas selama arus mudik Lebaran juga dinilai relatif lancar. Hal ini lantaran pelayanan sejumlah moda transportasi yang terus membaik.

Selain itu juga dikarenakan dibukanya Tol Cipali yang sangat membantu mengurai kemacetan selama arus mudik-balik Lebaran 2015.

"Kemudian patroli operasi ketupat juga tetap ditingkatkan. Yang jelas kemacetan pasti menurun ya. Arus mudik juga relatif lancar semua, relatif bagus. Saya sendiri mengecek jalur di Tangerang, jalur Bekasi di tol maupun non-tol semua lancar," tutup Tito. (Fis/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.