Sukses

MUI Prediksi 1 Ramadan 1436 H Jatuh pada Kamis 18 Juni

‎Bila ada pihak atau individu yang mengaku melihat hilal, maka hal tersebut patut dipertanyakan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pemaparan sebelum sidang isbat dimulai, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengatakan, posisi hilal atau bulan belum terlihat dan masih berada dalam posisi ideal. Karena itu, 1 Ramadan 1436 Hijriah diprediksi jatuh pada Kamis 18 Juni 2015.

"Hasil observasi posisi hilal masih ideal. Kalau ada yang lihat (hilal) itu enggak masuk akal. ‎Sekarang masih di bawah ufuk, berarti (1 Ramadan) hari Kamis," tutur Ma'aruf Amin, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Ma'ruf mengatakan, 1 Ramadan ditentukan bila posisi hilal berada pada 2 derajat. ‎Bila ada pihak atau individu yang mengaku melihat hilal, maka hal tersebut patut dipertanyakan.

"Kalau pun dapat harus ditolak, karena tidak mungkin. Kecuali matanya tajam sekali," tegas Ma'ruf.

‎Bila 1 Ramadan jatuh pada Kamis 18 Juni, pemerintah dan ‎Muhammadiyah melaksanakan puasa pada waktu bersamaan. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini