Sukses

Longsor Terjang Pangalengan Bandung, 1 Tewas 14 Tertimbun

Evakuasi warga dan pencarian korban longsor masih dilakukan tim gabungan.

Liputan6.com, Bandung - Longsor menerjang Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Satu orang tewas, sedangkan belasan warga masih tertimbun longsoran yang terjadi hari ini pukul 14.00 WIB.

"Korban sementara terevakuasi 1 orang meninggal dunia, 4 orang luka berat, dan 4 orang luka ringan. Korban meninggal aatas nama Iran (50 tahun), warga Kampung Cibitung, RW 15, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan," beber Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/5/2015).

Sejauh ini korban luka dirawat di rumah sakit terdekat. "Diperkirakan 14 orang masih tertimbun material longsor," imbuh Sutopo.

Sutopo menjelaskan, BPBD Kabupaten Bandung sudah memperingatkan kepada warga adanya retakan di perbukitan akibat hujan deras pada 4 hari lalu. Longsor pun terjadi.

"Material longsor meluncur menghantam pipa panas bumi Star Energi Geothermal dan menimbulkan ledakan, kemudian material longsor menimbun rumah penduduk dan perkebunan," tutur Sutopo.

Evakuasi korban masih dilakukan tim gabungan dari BPBD Kabupaten Bandung, BPBD Jawa Barat, Basarnas, TNI, Polri, relawan, dan warga, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

Sutopo menambahkan, Tim Reaksi Cepat BNPB memberikan pendampingan dalam penanganan darurat. 2 Alat berat pun telah dikerahkan mencari korban longsor yang difokuskan pada 8 rumah yang tertimbun tanah. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.