Sukses

Cerita Ahok Ditawari Menteri Susi untuk Beli Waduk

Pemprov DKI Jakarta terus memikirkan cara agar Jakarta, khususnya di bagian utara tidak terendam banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta terus memikirkan cara agar Jakarta, khususnya di bagian utara tidak terendam banjir. Pembangunan tanggul dan waduk di kawasan utara Ibukota juga sedang dirancang.

Belakangan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bahkan menawari Gubernur Ahok agar Pemprov DKI Jakarta membeli waduk milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pemilik nama Basuki Tjahaja Purnama itu menuturkan, sebenarnya Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah mengatur soal pembangunan kota tepi pantai atau waterfront city. Tapi, saat pembangunan perumahan di utara Jakarta, Pemprov DKI Jakarta kala itu tidak mewajibkan pengembang untuk membangun waduk. Sehingga kawasan Kamal Muara masih banjir.

"Nah makanya Bu Susi menawarkan. Daripada kena dampak puluhan hektar, beli saja waduk kami. Tapi saya lihat dulu harganya berapa dulu dong, bos. Dasar pengusaha, masa Rp 1 triliun satu hektar?" ujar Ahok sambil tertawa di Balaikota, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Karena itu, Ahok ingin mengambil alih lahan itu dengan barter izin reklamasi pulau. Mengingat aturannya sudah tercantum dalam Keputusan Presiden tahun 1995 tentang Reklamasi Pulau.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menilai, pembangunan waduk sangat diperlukan terutama pada sisi barat Kapuk Muara, Penjaringan, Jakut. Terlebih nantinya akan dibangun Program Pembangunan Terpadu Ibukota Pesisir Nasional atau National Capital Intergreted Coastal Development (NCICD) tipe A. Jika sudah dibangun tentu perlu waduk untuk menampung air.

Reklamasi itu nantinya juga digunakan untuk mendorong nelayan agar tidak lagi berada di lahan yang sudah tercemar. Sehingga daratan hasil reklamasi dapat dijadikan pelabuhan yang posisinya lebih maju.

"Salah satu untuk mengatasi pencemaran lingkungan laut itu reklamasi sebetulnya. Karena kamu akan menyedot racun-racun itu. Nah Jakarta itu sudah nggak boleh kerang ijo dan sebagainya, karena sudah terkontaminasi dan tidak boleh dimakan. Kontaminasi logam beratnya di ambang batas," papar Ahok.

Menteri Susi sempat menawarkan lahan milik KKP kepada Pemprov DKI Jakarta. Susi bahkan langsung menyebutkan harga kepada Ahok. "Suruh bikin waduk ada tanah KKP, 1 hektar Rp 1 triliun, hahaha," ucap Susi. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti

Video Terkini