Sukses

Perjuangan Para Pemburu Batu Pancawarna Cenderamata KAA

Pengrajin batu akik pancawarna di Garut harus naik-turun gunung dan menempuh puluhan kilometer untuk memperoleh bahan baku terbaik.

Liputan6.com, Garut - Di balik proses pembuatan liontin batu pancawarna yang akan dijadikan cenderamata bagi delegasi peserta Konferensi Asia-Afrika (KAA), terselip kisah dan perjuangan para pengrajin batu asal Garut, Jawa Barat yang patut mendapat acungan jempol itu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (20/4/2015), para pengrajin batu dari kawasan Caringin, Garut Selatan ini bahkan harus naik-turun gunung dan menempuh jarak puluhan kilometer demi memperoleh batu terbaik.

Dengan peralatan sederhana, batu pancarwarna yang berasal dari fosil kayu purba digali dari Pegunungan Bungbulang dan Caringin. Mereka mengaku bangga bisa menyumbangkan kerajinannya untuk peserta KAA.

Meskipun mereka harus menyelesaikan 120 liontin pancawarna. Batu-batu cenderamata KAA itu kini dalam proses sertifikasi.

Para pengrajin batu Garut itu berharap, batu-batu pancawarna yang mereka kerjakan bisa mendunia. (Nfs/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.