Sukses

71 WNI dari Yaman Tiba di Tanah Air Malam Ini

Pemulangan 71 WNI dari Yaman ke Tanah Air ini bakal dibagi dalam 2 kloter.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih terus mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman yang tengah dilanda perang saudara. Kali ini giliran 71 WNI yang bakal dipulangkan dari negeri tersebut.  

"Hari ini akan pulang 71 WNI dari Yaman dalam 2 kloter," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Arrmanatha mengatakan, pada kloter pertama ada 11 WNI yang dievakuasi. Mereka berasal dari salah satu kota besar di Yaman, yakni Aden.

Namun, belasan WNI tersebut tidak langsung menuju ke Tanah Air. Mereka akan dipulangkan dari Djibouti --negara di Afrika Timur. Dia mengatakan, mereka akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 22.05 WIB.

"(Mereka) Keluar ke Djibouti dengan QR 954," tutur Arrmanatha.

Sementara untuk kloter kedua, dijadwalkan tiba di Indonesia hanya selisih kurang lebih setengah jam dari rombongan pertama. Para WNI itu dievakuasi melalui Salalah, Oman.

"Kloter kedua dari 60 WNI sisa yang keluar via Jiza minggu lalu dan kembali ke Indonesia via Salalah tiba pukul 22.30 dengan EK 358," pungkas Arrmanatha.

Keberhasilan Pemerintah RI yang dipimpin Kementerian Luar Negeri mengevakuasi WNI dari medan perang Yaman telah membuat sejumlah negara meminta bantuan agar Tim Evakuasi RI juga mengevakuasi warga negara mereka.

Tercatat Thailand, Filipina, Singapura, Latvia, India dan Sri Lanka meminta bantuan Indonesia. Sebelumnya tim berhasil mengevakuasi 2 warga negara Thailand dan juga warga Filipina dari Yaman. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.