Sukses

Kunjungi Rutan Pondok Bambu, Ahok Dilukis Seniman Yogyakarta

Puluhan seniman dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Yogyakarta dan Komunitas Seni Lukis itu sengaja dihadirkan di Rutan Pondok Bambu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ‎mendapat hadiah spesial saat mengunjungi rumah tahanan atau Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Seperti pantauan Liputan6.com, Sabtu (28/2/2015), saat berkeliling melihat suasana rutan, Ahok tiba-tiba diberhentikan seorang seniman asal Yogyakarta. Seniman itu menawarkan diri melukis wajah Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun mempersilakan seniman tersebut melukis wajahnya. Sekitar 5 menit, wajah Ahok sudah tergambar di kanvas putih.

Kepala Sub Direktorat Komunikasi Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM Akbar Hadi mengatakan, puluhan seniman dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Yogyakarta dan Komunitas Seni Lukis itu sengaja dihadirkan di Rutan Pondok Bambu.

Kehadiran mereka untuk memberikan pelatihan singkat melukis bagi warga binaan. Nantinya hasil lukisan akan dipasang di kantor Kemenkum HAM pada saat hari ulang tahun lembaga pemasyarakatan.

"Jadi ini para seniman lukis bersama ‎seluruh napi DKI, yaitu dari Lapas Cipinang, Salemba, dan Pondok Bambu. Acara ini dalam rangka ulang tahun Lembaga Pemasyarakatan yang jatuh pada 27 April. Nah ini semua (lukisan) akan dipamerkan di Kantor Kemenkum HAM Jakarta," kata Akbar di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Selain seni lukis, ada juga beberapa kerajinan hasil tangan warga binaan Rutan Pondok Bambu, seperi boneka dan makanan.

‎Kedatangan Ahok ke Rutan Pondok Bambu untuk menandatangani MoU dan menyerahkan secara simbolis kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada Kepala Kanwil Kemenkum HAM DKI Jakarta. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini