Sukses

Ditinggal Kondangan, Rumah di Ciamis Rusak Tertimpa Longsor

Tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut. Karena saat kejadian, seluruh penghuni rumah tengah pergi hajatan di rumah tetangga.

Liputan6.com, Ciamis - Sebuah rumah di Ciamis, Jawa Barat rusak berat akibat tertimpa longsor. Rumah milik Yoyoh ini tertimpa material longsor dari tebing 10 meter di belakang rumahnya setelah diguyur hujan deras. Kini Yoyoh pun bingung harus tinggal di mana.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (3/2/2015), tak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi pada malam hari tersebut. Saat kejadian, seluruh keluarganya tengah berada di rumah tetangga yang tengah mengadakan hajatan.

Yoyoh memperkirakan kerugian yang dialaminya mencapai puluhan juta rupiah karena banyak bagian rumahnya yang rusak.

Tetangganya kini bergotong royong membersihkan material longsoran tersebut dengan peralatan seadanya. Kini Yoyoh mengosongkan rumahnya itu dan mengungsi ke kediaman saudaranya karena khawatir terjadi longsor susulan.

Sementara itu, sebuah talud penyangga bahu jalan Jembatan Jengkiling di Desa Caruban, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah longsor akibat tak kuat menahan derasnya air hujan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun arus lalu lintas Temanggung-Kandangan-Rowoseneng terganggu hingga diberlakukan sistem buka tutup jalan. Warga secara suka rela memasang drum bekas dan tali rafia sebagai pembatas jalur kendaraan yang hendak melintas.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, polisi memasang garis polisi di lokasi longsor.

Hal serupa juga terjadi di Jalan Raya Solo-Semarang di wilayah Boyolali, Jawa Tengah. Tebing di tepi jalan tersebut kembali longsor. Kondisi ini sangat membahayakan karena longsor sudah sampai ke badan jalan. Seluruh bangunan penahan tebing hancur dan ambrol ke sungai.

Bahkan kabel optik milik salah satu operator telekomunikasi terputus akibat derasnya terjangan air hujan. Untuk mengantisipasi pengguna jalan agar tidak terperosok, warga sekitar memasang rambu pembatas di sekitar lokasi longsoran. (Nfs/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini